Tuesday, December 23, 2008

Pendidikan Sejarah dan Peran Pentingnya dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasional

Ketika mendengar kata sejarah, tidak heran sering muncul tanggapan bahkan telah menjadi pandangan umum bagi sebagian orang termasuk siswa yang masih duduk di bangku sekolah, memandang sejarah sebagai sederet pengetahuan masa lampau yang membosankan. Orang sering kali lupa atupun tidak menyadari arti penting sejarah baik bagi kehidupan dirinya maupun bangsanya. Peribahasa yang sudah tidak asing lagi terdengar oleh telinga kita "Sejarah adalah guru yang terbaik", hanya sebatas pengetahuan yang dalam kenyataannya kurang diperhatikan. Padahal jika kita telaah secara mendalam, berdasarkan peribahasa di atas pengalaman-pengalaman sejarah yang sudah terjadi dapat  dijadikan sebagai pembelajaran yang sangat berharga yang bisa membantu membimbing kita dalam menghadapi kehidupan yang akan datang menjadi lebih baik. Hasil yang diperoleh sebagai akibat dari proses yang terjadi sebelumnya, dapat kita ketahui seberapa jauhkah keberhasilan yang diraih serta dapat diketahui penyebab kegagalannya sehingg untuk selanjutnya berusaha agar tidak mengalami kegagalan yang sama.

Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara, pengalaman sejarah yang dilalui bangsa Indonesia telah membktikan bahwa tingkat kesadaran nasional yang dimiliki rakyat Indonesia mempunyai pengaruh kepada lahirnya para pelopor perjuangan dalam menghadappi penjajahan bangsa asing. Dengan pengalaman langsung ataupun melalui pengetahuan yang dipelajari oleh  generasi ke generasi telah memunculkan ide dan semangat menempuh perjuangan yang tidak hanya mengandalakan fisik belaka. Inilah yang sangat diperlukan oleh peserta didik yang masih duduk di bangku sekolah agar berdasarkan pengetahuan sejarah bangsanya khususnya, mampu menanamkan sikap peduli dan kesadaran nasionalnya demi terwujudnya bangsa yang negara yang kuat dengan warganya yang berkualitas.

Bagi kita, siapa pun yang belajar sejarah, peminat sejarah, lebih penting kiranya membuat studi sejarah menjadi ilmu ysng mrmilki peranan dalam melaksanakan dan mencapai hasil pembangunan yang berguna untuk mewujudkan tujuan nasional yang telah digariskan oleh para pendiri RI ini. untuk mewujudkan hal tersebut, bagaimana membuat sejarah lebih fungsional dalam dalam pencapaian tujun nasional tentunya perlu dinahas dan dikaji lebih mendalam. Mengapa hal ini perlu karen berbagai pendapat umum tadi yang masih memandang sejarah sebagai pengetahuan masa lampau yang menimbulkan pola pikir yang tidak bermanfaat untuk masa kini dan masa depan. Pandangan itu sudah harus ditinggalkan karena dimensi waktu dalam kehidupan manusia sudah menjadi objek kajian sejarah yang tidak hanya menjelaskan peristiwa masa lalu tapi lebih diarahkan pada kemanfaatannya untuk masa sekarang dan masa yang akan datang.

Di zaman yang modern ini, kehidupan telah banyak mengalami perubahan sebagai dampak pembangunan dan pengaruh dunia internasional yang makin tansparan dan akses yang begitu cepat. keadaan yang seperti ini bila tidak dikaji secara tepat akan menimbulkan dampak negatif yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa bahkan sefikit demi sedikit akan mengikis nilai-nilai luhur ada.  dalam hal ini, apa yang dapat dilakukan oleh sejarah? bagaimana caranya supaya studi sejarah mempunyai kemampuan fungsional untuk menghadapi kehidupan  yang penuh tantangan ini?

Bersambung...

0 comments:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger